The Evaluasi Perencanaan dan Pengadaan Obat e-Catalogue Strategi Perbaikan dengan Metode Hanlon Tahun 2018 di RSUD X Sulawesi Tenggara

Authors

  • Irwandi Irwandi Universitas Pendidikan Muhamadiyah Sorong & Universitas Setia Budi Surakarta
  • Ismi Rahmawati Universitas Setia Budi Surakarta
  • Tri Wijayanti Universitas Setia Budi Surakarta

Keywords:

Perencanaan, Pengadaan, e-catalogue, IFRS.

Abstract

Instalasi Farmasi Rumah Sakit RSUD X memiliki permasalahan perbedaan antara perencanaan dan pengadaan obat. Hal ini menyebabkan pengelolaan perbekalan farmasi yang tidak efektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses perencanaan dan pengadaan obat serta mengetahui rencana strategi perbaikan perencanaan dan pengadaan obat e-catalogue di RSUD X. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian menggunakan data retrospektif dan data concurrent. Data retrospektif diperoleh dengan penelusuran terhadap dokumen tahun 2018 berupa data laporan keuangan, laporan perencanaan, pengadaan dan pemakaian sedian farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan dan pengadaan obat e-catalogue belum baik, dikarenakan masih banyaknya hasil yang didapat belum sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Rencana strategi yang dapat dilakukan perlu adanya pengusulan kenaikan anggaran pengadaan obat, mencari akar masalah ketidaksesuaian item sediaan farmasi antara perencanaan dan pengadaan, memperpendek proses administrasi pencairan dana, memperbaiki regulasi dalam sistem internal perencanaan dan pengadaan, perbaikan stok sediaan farmasi, pelatihan mengenai Inventory Control Management serta meninjau kembali rekanan pengadaan yang memenuhi aspek mutu produk terjamin, legal dan harga murah.

References

Akbar, DO. 2015. Evaluasi Pengelolaan Obat di Era JKN pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banjarbaru Tahun 2014. Tesis, Surakarta: Program Studi Magister Farmasi, Universitas Setia Budi.

Departemen Kesehatan RI., 2004, Keputusan Mentri Kesehatan RI Nomor 1197/Menkes/SK/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit, Direktoral Jendral Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Fakhriadi, A, Marchaban, dan Pudjaningsih, D. 2011. Analisis Pengelolaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Temanggung tahun 2006, 2007 dan 2008. Jurnal Manajemen danPelayanan Farmasi vol 2.

Oktaviani N., 2018, Evaluasi Pengelolaan Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Provinsi NTB Tahun 2017.Tesis, Surakarta: Program Studi Magister Farmasi, Universitas Setia Budi.

Pudjaningsih D., 1996 Pengembangan Indikator Efesiensi Pengelolaan Obat di Farmasi Rumah Sakit, tesis, Fakultas Farmasi Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Pulung prabowo, Satibi, Gunawan Pamudji 2016 Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Ketersediaan Obat Di Era JKN Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedono Madiun, Jurnal Pelayanan Farmasi, Volume 6 Nomor 2.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Irwandi, I., Rahmawati, I., & Wijayanti, T. (2023). The Evaluasi Perencanaan dan Pengadaan Obat e-Catalogue Strategi Perbaikan dengan Metode Hanlon Tahun 2018 di RSUD X Sulawesi Tenggara. JURNAL KESEHATAN TROPIS INDONESIA, 1(3), 7–14. Retrieved from https://journal.larpainstitute.com/index.php/jkti/article/view/25